Sabtu, 12 Juni 2010

MENGABDI KEPADA ALLAH, BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA

لا تَجْعَلْ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَخْذُولا (٢٢)وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا (٢٣)

janganlah kamu adakan Tuhan yang lain di samping Allah, agar kamu tidak menjadi tercela dan tidak ditinggalkan (Allah).

dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia. (QS. Al-Isra : 22-23)

Wahai anakku, sesungguhnya Allah yang Maha Agung dan Maha Besar keagunganNya itu ada. Dialah Zat yang menciptakan kamu dalam kandungan ibumu. Dialah yang menjagamu di dalam kandungan ibumu hingga sampai ibumu melahirkanmu. Dia telah menjadikan ibumu senantiasa mendambakan kehadiranmu, kemudian ibumu yang menyusui, mendidik serta menjagamu dan ia khawatir kamu terjerumus dalam hal-hal yang akan mencelakakan dirimu.

Allah telah menjadikan ayahmu sangat menyayangimu, dengan susah payah mencari dan mengumpulkan harta benda hingga kamu menjadi dewasa dan dapat mengarungi kehidupan ini. Kamulah yang akan mewarisi segala hak milik kedua orang tuamu dengan tidak merasakan betapa payah dan beratnya kedua orang tua mendapatkan harta benda itu. Dia menjaga, menyerahkan dan menitipkan dirimu kepada suatu sekolah agar dapat merasakan serta mendapat pendidikan dan ilmu pengetahuan yang kelak dapat dijadikan pegangan dan merupakan kendali mengahadapi masa depanmu. demikian besar jasa kedua orang tua, mengahrapkan kamu menjadi orang yang dapat dibanggakan dan mulia bahkan orang yang paling berguna di masyarakat, nusa dan bangsa. Semua itu bukan lain hanyalah kasih sayang ibu dan bapakmu yang dianugerahkan Allah kepadanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar